Bagaimana Cara Mengelola Organisasi,- Organisasi
berasal dari kata organon yang menurut bahasa Yunani berarti alat. Organisasi
pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul,
bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin
dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya organisasi yaitu seperti uang,
material, mesin, metode, lingkungan, sarana-parasarana, data, dan lain
sebagainya yang dipergunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan.
Dalam
membangun suatu organisasi hal yang paling utama adalah adanya
loyalitas. Seberapa orang atau cari orang yang mempunyai tingkat militansinya
tinggi. Suatu organisasi akan terus maju bila ada orang yang bekerja sama di
dalamnya secara kompak. Mereka yang memiliki kemampuan yang berbeda namun
mempunyai tujuan yang sama. Mereka loyal terhadap organisasi dan Sang Founding
Father yang memimpinnya.
Dengan hanya beberapa orang saja yang loyal suatu
organisasi akan selalu ada dan terus maju. Keragaman kemampuan menjadi modal
selanjutnya untuk terus membangun organisasi lebih maju lagi. Bagi seorang
pemimpin sudah menjadi tugasnya dalam mengetahui dan memilah-milah kemampuan
anggotanya sehingga dapat menempatkan para anggotanya sesuai dengan keahlian
masing-masing.
Melihat orang Indonesia yang cenderung humoris jangan
buat suatu organisasi yang kita pimpin terlalu seurius sehingga suasana
organisasi terlihat mencekam, para anggota menjadi merasa tertekan akan
aturan-aturan yang berlaku. Buatlah santai, seakan-akan para anggota tidak
merasa sedang berorganisasi. Artinya para anggota tidak merasa disibukan oleh
organisasi yang sedang dijalaninya.
Organisasi yang mengalir akan membuat para anggotanya
merasa senang karena mereka hanya di tuntut kesediannya dalam membangun suatu
organisasi sesuai dengan keadaan hati mereka. Tidak ada paksaan, sehingga
mereka dapat dengan ikhlas menjalaninya.
Sebagai seorang pemimpin (Founding Father) harus
mampu membangun suatu organisasi yang berasal dari hati nurani. Sehingga
keikhlasan selalu menyertainya dan dengan sendirinya para anggota akan sadar
akan kedudukannya masing-masing yang telah di embankan oleh seorang pemimpin.
Selanjutnya tugas, fungsi dan peran mereka akan di jalaninya tanpa harus ada
perintah yang bersifat memaksa.
Dengan begitu kita dapat menyimpulkan beberapa tahap
yang harus di lakukan dalam membangun suatu organisasi. Dimulai dari adanya
loyalitas, pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan
menjalani organisasi secara santai (tidak ada paksaan) dengan harapan suatu
organisasi bisa dapat di bangun berdasarkan keikhlasan dari para anggotanya.
Kemudian peliharalah dengan baik organisasi itu dan semoga sukses.
Hal-hal yang menunjang organisasi bisa di katakan baik
atau sukses adalah :
- 1. Kepemimpinan, tanpa adanya pemimpinan yang punya sikap tanggap, tegas, tanggung jawab, kemampuan yang lebih, dan konsisten dengan tanggung jawab. sebuah organisasi tidak akan bisa maju dan baik.
- 2. Anggota atau pengurus di masing-masing program, jika kepengurusan tidak bisa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik organisasi juga tidak akan maju atau konsisten.
- 3. Tempat atau kantor, sebuah organisasi yang baik juga di tunjukan dengan adanya sebuah kantor atau tempat ¨punya kantor¨.
- 4. Jaringan, ini juga termasuk salah satu yang menunjang organisasi itu di katakan baik, banyaknya jaringan yang di bangun ini semakin menunjukan organisasi itu bisa di katakan organisasi yang baik atau maju.
- 5. Komunikasi dalam organisasi, jika dalam satu ruang organisasi tidak ada komunikasi yang baik, bahkan tidak ada keterbukaan dalam satu ruang yang beda pemikiran juga beda tujuan. sehingga tidak ada penyelesaian atau jalan keluar untuk memecahkan suatu masalah. organisasi itu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan hasilnya juga tidak maksimal.
- 6. Managemen, organisasi yang baik managemennya juga harus baik, tersusun dengan rapi dan terorganisir dengan baik.
- 7. Budaya dalam keorganisasian, yang di maksud dengan budaya disini adalah kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam organisasi. entah itu kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang tidak baik, seperti tidak ada keseriusan dalam menjalankan tugas, mengabaikan waktu yang sudah menjadi kesepakatan ¨tidak tepat waktu¨, tidur di waktu jam kerja, dan lain-lainnya.
Cara Merintis Organisasi yang Sukses
- 1. Harus dimiliki suatu organisasi adalah milai dan visi, nilai dan visi adalah suatu tujuan yang akan digunakan sebagai target yang harus dicapai oleh suatu organisasi. Jika nilai organisasi tidak ada makaorganisasi itu akan rusak, karna tidak memiliki tujuan yang jelas.
- 2. Visi , misi adalah hal-hal yang harus di lakukan untuk mencapai suatu visi ( tujuan ). Tanpa ada misi yang jelas maka visi tidak akan pernah tercapai, maka dari itu visi dan misi sangat berkaitan satu sama lain. Jika tidak memiliki misi maka organisasi tidak akan pernah mencapai visi yang diinginkan.
- 3. Aturan, aturan adalah batasan-batasan yang harus dimiliki organisasi. Jika suatu organisasi memiliki aturan yang jelas maka bisa terjadi penyimpangan yg dapat merugikan.
- 4. Profesionalisme, profesionalisme adalah bagaimana cara organisasi itu bertindak.
- 5. Insentif, insentif adalah bonus atau hadiah.
- 6. Sumber daya, Jika suatu organisasi kehilangan sumber daya maka organisasi tersebut tidak akan bisa bergerak dengan bai
- 7. Rencana kerja, rencana kerja merupakan susunan kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu organisasi
Posting Komentar untuk "Bagaimana mengelola Organisasi dengan baik ?"