Formula 10CF/5B/3B kul wa

Formula ini digunakan untuk menganalisa produk maupun jasa kita
Dibandingkan pesaing

Sejatinya, setiap bisnis itu unix.. bisnis owner yang paling memahami bisnisnya
Dengan mengetahui secara sadar keunggulan bisnis kita, maka kita dapat 'bermain' di area ini
Formula 10CF/5B/3B

Adalah 
*10 Competing factor*
Adalah faktor faktor yang kita dapat berkompetisi di market. 

Temukan faktor faktor ini, seperti tercepat, terbagus , tanpa minimum order dll

*5 Better*
Setiap produk mempunyai value proposition masing masing,  yang umumnya menjadi lebih baik dari pesaing. 

*3 Best* 
Dari semua competing factor dan 5 better tadi, pasti ada 3 yang terbaik dari bisnis kita. Dimana pesaing tidak dapat bermain disini atau sedikit yang bermain pada level ini.
Kita ambil contoh usaha *aqiqah*
Apa 10 CF nya?
Bisa bantu?
10 CF Aqiqah
1. Pilihan kambing yg bnyk

2. Harga yang lebih murah 
3. Rasa Masakan
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Okey, clear ya.. insyaAlloh sampai titik ini sudah paham
Lanjut....
Jadi competing factor ini, umumnya dimiliki oleh pesaing juga. Karena biasanya saling memantau
Kita ambil, *5 Better* yang kita sanggup bersaing atau sanggup mendalami kelebihan dari pesaing kita.
 πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Dari 10 CF, tadi apa yang *5 Better* di usaha aqiqah :

1.
2.
3.
4.
5.
Misal, supplier kambing termurah
 Ayo bantu lagi yaaa
Cita rasa khas
bonus daging
Dari 10 CF, tadi apa yang *5 Better* di usaha aqiqah :

1. Suplier kambing terbesar
2. Rasa olahan produk yg terenak
3. Delivery tercepat
4. Harga termurah
5.
Belum paham yang 5 better coach
Bedanya sama 10CF
5 better adalah perasan dari 10CF dimana kita mampu unggul di banding pesaing
 Noted
Pada titik ini, alhamdulillah sudah paham ya.. kalau ndak paham.. manggut manggut saja sambil dikunyah ....
Setelah kita temukan 5 Better tadi, kita peras lagi menjadi *3 Best* , tiga yang paling terbaik di bisnis kita. Yang pesaing susah masuk ke level ini
Atau kalau masuk, sedikit pesaing yang mampu
Lalu kita optimalkan di 3 best itu ya coach?
 Yap
Itu nilai jual kita
Bantu lagi yuk, yang *3 Best* nya

1.
2.
3.
Usaha aqiqah lagi yaaa
Setiap usaha sejenis, beda beda stressing nya
Cita rasa yg khas
upplier kambing terbesar
Paham
Ini mah cerdas😊
Bantu lagi yuk, yang *3 Best* nya

1. Harga murah
2. Free ongkir 
3. Rasa dijamin enak
 Bantu lagi yuk, yang *3 Best* nya

1. Pelayanan terbaik..misalnya mengikuti acara akikahan customer..lalu memberi hadiah spesial ke customer...special touch
2.
3.
Ini sudah the best dibanding pesaing?
The best ini, benar benar kita unggul dibanding pesaing ya...
Bisa direncanakan...dengan sistem tabungan...ehmm..ini bisa masuk nda coach...πŸ™‚
Ini didapat dari riset pesaing
Soalnya ada yg usaha aqiqah di Jakarta utara, harga murah, free ongkir & rasanya enak.
Ada yg murah tapi mengecewakan coach.
Penentuan the best ini, kita riset ke pesaing kita, apa yang kita mampu menjadi terbaik dikategori tersebut
Misal ya.. pesaing unggul di kirim cepat ontime pakai motor,

Kita kirim ontime pakai drone😊
Intinya lebih unggul
Contoh extrim😊
Ya...bisa asal pesaing ndak ada yang melalukan
Bikin murah dan memuaskan
Biasanya usaha aqiqah biasanya menyediakan sekalian masak. Dan tidak semua masakannya enak. Misalnya dia bilang menu nasi kebuli, sate kambing acar. Pas kita terima boxnya hanya isi  nasi goreng kambing +acar. Sate kambingnya+ sambal kacangnya belum dibungkusin. Kan malu coach kalo buat syukuran.
Yap.. silahkan dianalisa sesuai competing factor ya...dan tentukan kita beroperasi pada 3 Best nya
Tentukan = pastikan
Mungkin bisa coach pengiriman pake drone suatu saat nanti
Harus bisa.. semoga di grup ini ada yang mempeloporinya menjadi trend setter
Aamiin
 Coach apakah salah satu indikator harus murah? Kadang kalo sesuatu diantara rata2 yg murah malah bikin curiga. Artinya Harga ga bohong
Ndak harus murah.. ga asyik bahasa murah.. enaknya harga yang kompetitif
Kalau untuk macaroni schottel bgmn coach? Saya blm menemukan kompetitor sekitar daerah saya.
Pasarnya bagus ndak? Kalau ndak bagus, jangan jangan emang tak dibutuhkan pasar😊
Macaroni schotel bisa buat jamuan arisan ..keren..nyummy rasanya πŸ™‚πŸ‘
Kita lanjut lagi ya....
 Rasa 🌟🌟🌟🌟🌟, harga kaki 5
Coach..menurut saya, dalam bisnis, kita tidak mungkin bisa memenuhi 3 kriteria yaitu: Murah , Enak dan Banyak. 
Karena ketiga kritetia itu menurut saya tidak mungkin bisa disatukan....
Kira2 utk menentukan kriteria utamanya gimana ya..?
Quality,Price and delivery..
Pernah k9nsultasi pangsa pasarnya menengah keatas krn modalnya lumayan.
Bisa disatukan, kalau produk nya tepat dan pasarnya tepat.

Nanti dibahas lebih lanjut, kriteria *scale up*
Ok coach lanjut
Untuk formula 5 3 1 adalah
*5 Nilai INTI* yang mencerminkan operasional harian organisasi bisnis kita.

Yang merupakan *budaya  organisasi bisnis* kita.
Setelah kita temukan 5 nilai inti itu,  cari tahu lagi *3 yang ter* dimana kita unggul dibanding pesaing
Akhirnya, ditentukan bahwa kita *The Only One* satu satunya yang mampu melakukannya
Contohnya 5 Nilai inti:
1. Dapat dipercaya
2. Barang berkwalitas
3. Variasi produk paling banyak
4. Respon cepat
5. Delivery tepat waktu
Klo ini ada d 10 CF/5B/3B bisa)
Untuk aqiqah apa nilai intinya?

1.
2.
3.
4.
5.
Coach..saya kadang berpikir, bahwa 'pesaing' dalam bisnis bisa menjadi salah satu peluang. Dan saya juga sdh menyaksikan sendiri dilapangan..
Saya menyebutnya swbagai 'limpahan berkah'. Yaitu limpahan customer yg overload dari 'pesaing' kita. Maka saya kadang juga agak gimana gitu kalau menyebut kata "pesaing" dalam bisnis πŸ™πŸ™πŸ™
Partner tanding😊
betul...
sy nyebutnya teman belajar
Apapun sebutannya, dimarket, kita akan saling terkam😊
Sadarilah....
Untuk aqiqah apa nilai intinya?

1. Pelayanan bagus 
2. Kemasan bagus 
3. Menu nya lebih lengkap
4. Free ongkir 
5.
Kalau ini, nanti kita bahas di blue ocean strategy.. anda yang makan, atau kita yang dimakan
Lanjut dikit lagi ya...

Untuk *3 ter* Cari dibisnis kita, yang ter dibanding pesaing seperti terhigienis, terenak, tercepat
Mungkin ngga kita punya ambisi utk 'berdamai'...
Bukankah 2 lebih baik dari 1?
Dari semua itu, cari 1 yang hanya kita yang bisa buat yang lain ndak bisa, yang bener bener hanya kita saja yang mampu
 : kambing aqiqah yang jantan dan belum pernah kawin dengan usia 1 tahun dan bobot 30 kg serta pakan yang bergizi
Berdamai dalam bisnis artinya akuisisi
 Sadarilah ...dan kita mau gak mau jd follower kan πŸ˜…
Formula 5.3.1 ini harus selalu terus menerus dikomunikasikan kepada customer dan calon customer lewat media promosi
Apakah isi formula ini akan selamanya? 

Saya pastikan tidak.

Kita dipaksa untuk berfikir inovasi dengan kerangka berfikir :

1. Whats New
2. Whats Next
3. Whats Better
Whats New
Sesuatu yang baru, yang orang lain belum lakukan, apa yang harus baru dalam bisnis kita, apa yang dapat ditambah yang kompetitor belum lakukan
Whats Next
Adalah apa yang berikutnya kita berikan kepada customer kita, pikirkan hal hal yang ga mungkin.
Whats Better
Dalam bisnis, selalu saja ada perbaikan, perbaiki bisnis kita, sehingga bisa lebih baik dari kompetitor.

Proses apa yang mau anda tantang..  misal potong kambing dalam 30 menit, kita harus challenge menjadi 10 menit per ekor
Paham sampai sini? 😊
Semoga diberi kepahaman ya....
Materi sampai sini dulu malam ini..

Kita buka ruang diskusi
Sampai jam 22.00
Oh ya.. diagram tadi, menjadi PR juga yaaa
😊😊😊
Ini PR ke 2 ya..  😊

Posting Komentar untuk "Formula 10CF/5B/3B kul wa"