Strategi dan Taktik




Kedua kata ini, strategi dan taktik, cukup sering kita dengar, misalnya di bidang militer, politik dan bisnis. Disini saya mencoba memaparkan perbedaan kedua kata itu dalam aplikasi bisnis. 


Strategi adalah pendekatan (cara) umum yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai dan memperoleh tujuan. 


Taktik adalah cara-cara yang bersifat spesifik yang dilakukan untuk menerapkan strategi yang dipilih. 


Misalnya si Abah, seorang entrepreneur yang baru saja memulai usaha minimarket, Si Abah bertujuan untuk terus menghidupkan, memajukan dan mengembangkan minimarket tersebut dengan keuntungan bersih minimal 20%. Untuk mencapai dan memperoleh tujuan itu si Abah menerapkan tiga strategi yaitu Nyaman, Murah dan Cepat. Oh ya, sebelum si Abah membuka usaha minimarket itu, dia telah melakukan penelitian bisnis awal (Start Up Business Research) yang memberikan data-data bahwa potensi bisnis minimarket di lokasi yang dipilihnya sangat menguntungkan .

Dalam merealisasikan ketiga strategi itu, si Abah menerapkan taktik-taktik sebagai berikut: 


A. Strategi Nyaman Taktik-taktik yang dilakukan adalah: Suhu ruangan minimarket tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin (adem) Dinding, rak-rak dan lantai yang bersih Rak-rak dan produk-produk dagangan disusun rapi, dikelompokkan berdasarkan jenisny.


B. Strategi Murah Taktik-taktik yang digunakan adalah: Membuat tiga hari promo setiap bulannya Diskon 3 % untuk setiap belanja Rp. 200.000,- Mengembalikan selisih harga, apabila produk sejenis yang dijual di minimarket lain lebih murah.


C. Strategi Cepat Taktik-taktik yang dipakai adalah: Menyediakan recehan yang relatif banyak, dan dikelompokkan berdasarkan nilainya dalam laci kasir Menyediakan dua meja kasir Menggunakan price tag scanner Nah, dengan contoh di atas, jelaslah sudah perbedaan antara strategi dengan taktik ^_^ 

Berdasarkan data-data hasil evaluasi yang diperoleh setelah menerapkan ketiga strategi dan taktik-taktiknya selama misalnya tiga bulan, akan diketahui efektivitas dan efisiensinya dengan tujuan utama sebagai tolak ukurnya. 


Data-data tersebut merupakan data primer dalam penelitian bisnis. Si Abah merencanakan akan melakukan penelitian bisnis setiap tahunnya untuk mengetahui kendala-kendala bisnis yang dihadapi sehingga dapat diketahui hal-hal yang mesti diubah, diperbaiki atau ditingkatkan.

Semoga bermanfaat. 


Di resume dari sumber : http://www.kompasiana.com/ajuskoto/perbedaan-antara-strategi-dengan-taktik-serta-penerapannya-dalam-bisnis_5518a0f9a333113007b6664d

Posting Komentar untuk "Strategi dan Taktik "