Kedua kata ini, strategi dan taktik, cukup sering kita dengar, misalnya di bidang militer, politik dan bisnis. Disini saya mencoba memaparkan perbedaan kedua kata itu dalam aplikasi bisnis.
Strategi adalah pendekatan
(cara) umum yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan untuk
mencapai dan memperoleh tujuan.
Taktik adalah cara-cara
yang bersifat spesifik yang dilakukan untuk menerapkan strategi
yang dipilih.
Misalnya si Abah, seorang
entrepreneur yang baru saja memulai usaha minimarket, Si Abah bertujuan untuk
terus menghidupkan, memajukan dan mengembangkan minimarket tersebut dengan
keuntungan bersih minimal 20%. Untuk mencapai dan memperoleh tujuan itu si Abah
menerapkan tiga strategi yaitu Nyaman, Murah dan Cepat. Oh ya, sebelum
si Abah membuka usaha minimarket itu, dia telah melakukan penelitian bisnis
awal (Start Up Business Research) yang memberikan data-data bahwa
potensi bisnis minimarket di lokasi yang dipilihnya sangat menguntungkan .
Dalam merealisasikan ketiga
strategi itu, si Abah menerapkan taktik-taktik sebagai berikut:
A. Strategi Nyaman
Taktik-taktik yang dilakukan adalah: Suhu ruangan minimarket tidak terlalu
panas dan tidak terlalu dingin (adem) Dinding, rak-rak dan lantai yang bersih
Rak-rak dan produk-produk dagangan disusun rapi, dikelompokkan berdasarkan
jenisny.
B. Strategi Murah
Taktik-taktik yang digunakan adalah: Membuat tiga hari promo setiap
bulannya Diskon 3 % untuk setiap belanja Rp. 200.000,- Mengembalikan selisih
harga, apabila produk sejenis yang dijual di minimarket lain lebih murah.
C. Strategi Cepat
Taktik-taktik yang dipakai adalah: Menyediakan recehan yang relatif banyak,
dan dikelompokkan berdasarkan nilainya dalam laci kasir Menyediakan dua meja
kasir Menggunakan price tag scanner Nah, dengan contoh di atas, jelaslah sudah
perbedaan antara strategi dengan taktik ^_^
Berdasarkan data-data hasil
evaluasi yang diperoleh setelah menerapkan ketiga strategi dan taktik-taktiknya
selama misalnya tiga bulan, akan diketahui efektivitas dan efisiensinya dengan
tujuan utama sebagai tolak ukurnya.
Data-data tersebut merupakan data
primer dalam penelitian bisnis. Si Abah merencanakan akan melakukan penelitian
bisnis setiap tahunnya untuk mengetahui kendala-kendala bisnis yang dihadapi
sehingga dapat diketahui hal-hal yang mesti diubah, diperbaiki atau
ditingkatkan.
Semoga bermanfaat.
Di resume dari sumber :
http://www.kompasiana.com/ajuskoto/perbedaan-antara-strategi-dengan-taktik-serta-penerapannya-dalam-bisnis_5518a0f9a333113007b6664d
Posting Komentar untuk "Strategi dan Taktik "